Rabu, 17 Agustus 2011

bid'ahhhhhhhhhhh

SETIAP BIDAAH > INOVASI ITU SESAT!!!
Oleh Muhammad Umar Al'aydrus Setiap bid`ah sesat !!!
Rasulullah saw bilang semua bid`ah itu sesat bener ga sih ?
Yup bener banget, ga perlu ragu lagi wong dah sering disebutin tuh di hadits-hadits yang sering diucapin oleh ustadz-ustadz terhormat kita “كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ “ yah arti bebasnya sih ga beda jauh dengan judul yang ada tanda seru tiga itu (bagi yang payah bahasa arab tak artiin yah, كُلّ artinya semua, بِدْعَةٍ ntar dartikan, ضَلاَلَةٌ artinya sesat jadi ... ).
Begitulah, tapi ... yang jadi soal, kita tau ga sih apa yang dimaksud Rasulullah dengan bid`ah. Karena kalo ga tau bisa berabe jadinya, maksudnya begini, kalo kita ga tau yang ini bid`ah yang itu bukan bid`ah, akhirnya bisa-bisa kita ngelakuin bidah tiap hari tanpa ngerasa atau kita menganggap seseorang melakukan bid`ah padahal orang itu sedang ibadah, kan gawat kalo gitu.
Okey, baiknya kita ikutin kata-kata ulama aja yah, soalnya mereka kan lebih pinter dari kita (bukan berarti kita pada bodoh lho, tapi belum waktunya..).
Ternyata ulama terbagi menjadi dua dalam nafsiri nih hadits, hmm...jadi bingung. ngikuti yang mana yah ? yang pasti salah satunya bener dan yang lain salah, ga mungkin dong bener dua-duanya. Yang mana yah yang bener ?
Kita liat yuk..
Pertama ada sekelompok ulama eklusif (minoritas) yang bilang bid`ah yang dimaksud oleh Rasulllah disini adalah bid`ah dalam agama, maksudnya antum-antum bebas berkreasi sebebas-bebasnya ngelakuin apa aja yang berkaitan dengan dunia, bikin gedong pencakar langit, bikin mesin pencukur bulu idung (blum ada tuh) atau bikin mesin waktu sekalian (kalo bisa ). Tapi eits, tunggu dulu, kalo masalah agama... ga boleh sembarangan, semua yang ga pernah dilakukan Rasulullah semasa hidupnya adalah bid`ah. Dan yang melakukannya adalah sesat sesesat-sesatnya, jadi perayaan maulid (ngerayain lahirnya nabi) misalnya , itu bid`ah tuh, soalnya Rasul ga pernah tuh ngadain ulang taonan, atau tahlilan (kumpulan dzikir yang biasa dibaca bila ada orang wafat), tabaruk, Syukuran tujuh bulanan, wah pokonna mah semua yang ga pernah ada di zaman Rasul ga boleh dilakukan titik. Tapi bahaya juga kalo gitu, karena itu bisa nyebabkan orang gampang nuduh bid`ah alasanya gampang “Rasulullah ga pernah lakuin tuh”.
Dalil mereka kuat juga lho mereka ambil dalil dari hadits laen :
: مَنْ عَمِلَ عَمَلاً لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ. رواه مسلم
"Dari 'Aisyah RA. Ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan yang tiada perintah kami atasnya, maka amal itu ditolak" HR.Muslim.
Yang ditebelin tuh intinya kalo ga ada perintah ngapain kalian bikin-bikin hal baru segala, yah keliatannya pendapat ini bener juga yah soalnya arti bid`ah sendiri secara bahasa adalah setiap hal baru yang belum pernah ada sebelumnya. Lagian Rasulullah juga bilang setiap bid`ah sesat berarti ga ada bid`ah yang ga sesat, betul ngga?.
Hmm. Tapi anehnya kebanyakan ulama dari zaman sahabat ampe sekarang nih bilang Tidak semua bid`ah sesat, bid`ah itu ada yang baek ada yang jelek yang baek namanya bid`ah hasanah, yang jelek bid`ah dholalah. Lho berarti mereka nentang perkataan Rasulullah dong ?, soalnya Rasulullah kan jelas ngatakan Semua bid`ah sesat, tapi kok mereka berani-beraninya bilang tidak semua bid`ah sesat, kan aneh....
Tunggu dulu, Rasulullah ga ngomong gitu kok, Rasulullah kan Cuma ngomong :
“كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ “ yang gomong tiap bid`ah sesat kan yang nerjemahin (BLETAK!@#>>. Hey...hey... jangan marah dulu, ntar dijelasin gimana sih... )
Maksudnya gini bung, ehm, ternyata dalam bahasa arab kata “كُلُّ “ ga musti diartikan semua, bisa aja diartikan sebagian, buktinya dalam Al qur`an Allah pernah befirman :
أَمَّا السَّفِينَةُ فَكَانَتْ لِمَسَاكِينَ يَعْمَلُونَ فِي الْبَحْرِ فَأَرَدْتُ أَنْ أَعِيبَهَا وَكَانَ وَرَاءَهُمْ مَلِكٌ يَأْخُذُ كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا

”Adapun bahtera itu adalah kepunyaan orang-orang miskin yang bekerja di laut, dan aku bertujuan merusak bahtera itu, karena dihadapan mpz&ereka ada seorang raja yang merampas tiap-tiap bahtera “ Qs. Al Kahfi : 79
Ayat ini nyeritain Nabi khidir. Beliau waktu barengan ama Nabi Musa dikasih tumpangan gratis naik perahu, ehh malah ngelubangi tuh perahu yang bagus itu, jelas Nabi Musa marah, masa khidir ga tau balas budi, udah dikasih tumpangan gratis malah ngelubangin perahu, maka Nabi khidir jelasin bahwa perahu itu milik orang-orang miskin, nabi Khidir lubangi tuh perahu karena di hadapan mereka ada raja yang suka ngerampasكُلَّ سَفِينَةٍ (setiap perahu ). Nah... Kalo kata Kullu disini diartikan setiap bung, lha percuma nabi Khidir cape-cape lubangin tuh perahu, soalnya tetep aja perahu itu bakalan dirampas, oleh karena itu para mufasir bilang, ga semua perahu yang dirampas tapi perahu yang baek-baek aja, kalo perahu butut mana selera tuh raja buat ngambilnya (ga percaya, buka kitab tafsir sono ! ).
Nah ini kan mirip dengan perkataan Rasul Tersebut,
Rasul bilang “كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ tapi yang dimaksud adalah bid`ah yang jelek aja, trus di ayat ini Allah bilang كُلَّ سَفِينَةٍ غَصْبًا padahal yang dimaksud perahu yang baek saja. Hmm betul kan. Berarti Kullu ga musti diartikan semua..
Dalilnya adalah sabda Rasulullah saw
من سن في الإسلام سنة حسنة فله أجرها وأجر من عمل بها بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيء ومن سن في الإسلام سنة سيئة كان عليه وزرها ووزر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء (رواه مسلم )
“Barangsiapa yang menciptakan satu gagasan yang baik dalam islam, maka dia memperoleh pahalanya dan juga pahala orang yang melaksanakanya dengan tanpa dikurangi sedikitpun. Dan barangsiapa yang menciptakan satu gagasan yang jelek dalam islam, maka dia akan terkena dosanya dan juga dosa orang-orang yang melaksanakanya dengan tanpa dikurangi sedikitpun”
Dalam hadits ini jelas Rasul membedakan antara gagasan baru (bisa juga dibilang bid`ah) yang baik dan yang jelek, bahkan mendorong kita untuk kreatif jangan terlalu kaku dalam agama. Dan menjanjikan pahala bagi yang punya ide paling kreatif hingga diikuti banyak orang.
Trus karena dalam hadits itu ga ada pengkhususan gagasan itu harus dalam masalah dunia aja, Jadi ga bener tuh kalo ada yang bilang bid`ah yang boleh Cuma di bidang duniawi aja, kalo ukhrowi no way. Tapi semua bid`ah baik duniawy atau ukhrowi sama-sama dibagi dua ada yang baek ada yang jelek
Buktinya emang bener, banyak sekali inovasi dalam agama (Ga Cuma dunia) yang dilakukan oleh para sahabat, thabiin dan ulama setelah wafat Raulullah, padahal mereka lebih ngerti hadits Rasulullah daripada kita.. Ingin tau inovasi mereka , oke kita sebut

Muhammad Umar Al'aydrus Khalifah Abu Bakar berani memerangi mereka yang menolak zakat, dan mengumpulkan al Quran, Sayidina Umar yang mengumpulkan orang untuk shalat tarawih berjama`ah, menerangi masjid dengan lampu-lampu dan melakukan banyak hal baru dalam kepemerintahanya. Sayidina Utsman yang membukukan Al Quran, dan menggagas ide untuk melakukan dua adzan dalam shalat jum`at. Pemberian titik, tanda juz, waqaf, dan harakat dalam Al Quran yang baru dilakukan di zaman dinasti Umayah, pembukuan dan pengkodefisian hadits, pembukuan cabang-cabang ilmu syari`ah mulai dari nahwu, Fiqh, tafsir, Ushul fiqh, Balaghah, dan sebagainya. Pendirian menara, madrasah-madrasah, perpustakaan Islam. Perenovasian Ka`bah, dan perluasan Masjid Nabawi. Perhatikan Kebanyakan inovasi ini justru adalah inovasi di bidang agama, lat aja Sayidina Umar, Rasulullah ga pernah ngumpulin orang buat jamaah shalat tarawih, Eh... beliau malah ngumpulin orang-orang buat jamaah shalat tarawih bukan Cuma itu, Dia Juga Bilang mengenai Jamaahan ini نعمت البدعة هذه (Inilah sebaik-baiknya bid`ah)(3) Ini menunjukkan bahwa dalam agama pun ada yang disebut bid`ah yang baik. Trus bid`ah yang paling manfaat nih buat kita, penulisan harokat, titik dan tanda baca Al Qur`an yang baru dilakukan di masa Khilafah Bani Umayah, dulu hurup-hurup di alQuran itu ga ada titik, harokat atau tanda baca, ga ada juz atau petunjuk ayat (kebayang kalo ga ada inovasi harokat dan titik, wah bisa-bisa ga ada yang bisa baca qur`an, ada harokatnya aja masih susah).
Dan masih banyak lagi hal baru yang dilakukan para ulama untuk kemajuan Islam sehingga Islam menjadi pusat peradaban pada masanya. Dan tak ada satupun dari kita yang menganggap hal yang mereka lakukan sebagai bid`ah yang sesat, justru kita semua sepakat bahwa apa yang mereka lakukan adalah jasa yang sangat besar artinya bagi umat islam. Mereka bukan tidak pernah mendengar bahwa Rasul pernah bersabda بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ كُلُّ (setiap bid`ah adalah sesat ). Justru mereka yang paling mengetahui mengenai maksud bid`ah, dalam perkataan Rasul tersebut sehingga mereka berani untuk melakukan hal-hal yang tidak pernah dilakukan oleh rasul.
Ulama yang bilang ga semua bid`ah dalam agama itu jelek banyak lho, ga keitung di antaranya yang paling kesohor Imam Syafi`i , Imam Izudin bin Abdussalam, Imam Ghozali, Imam Nawawi, Imam Subki, Imam Suyuthi, Imam Ibn Hajar, Imam Asy Syaukhani dalam Nailul Author, Al Qostholani dalam Irsyadus saari, Az Zarqani dalam Syarah Muwatha, Al Halabi, dan masih banyak ulama lain yang tidak mungkin disebut satu per satu).
Nah dari penjelasan ini pasti deh kalian bisa bedain mana pendapat yang bener, yup kalo otak kalian sehat pasti lebih condong ke pendapat kedua, kenapa, karena mana mungkin para sahabat dan Ulama ga ngerti perkataan Rasul, eh kita yang jauh dari rasul ngerti, itu namanya Imposible, la mumkin, mustahil.
Tapi bukan berarti kita sebebas-bebasnya dalam berkreasi, kreasi ada batasannya juga, Kalo aturan agama dah jelas yah ga boleh kita ubah-ubah, itu justru yang dinamakan bid`ah, contohnya Adzan yang udah jelas lafadznya gimana kalo diganti dengan bahasa sunda, wah ini sih keterlaluan, atau sholat magrib yang udah jelas harus dilakukan di waktu magrib tiga rokaat, eh dia pindahin seenak udelnya ke jam sebelas malem, udah gitu dua rakaat lagi . Ga boleh itu, bid`ah !!!.
Nah kalo gitu jadi jelas bahwa ternyata semua hal baru ga langsung kita angap bid`ah, kita harus liat dulu apakah tu bertentangan dengan syariat, kalo engga kita ga punya hak ngatain itu bid`ah. Selametan tujuh bulanan misalnya, kalo diisi pengajian, doa, baca quran apa hak kita untuk melarangnya, kan ga ad aturan pengajian tuh hga boleh dilakukan di tujuh bulan kehamilan, atau menyambut kelahiran kalo isinya doa, dzikir, shalawat apa salahnya, bukanah itu justru hal-hal yang dianjurkan syariat.
Tapi kalo isinya maksiat, seperti umbar aurot, laki-laki campur perempuan judi dll yah ini baru dilarang.
Dari uraian di atas setidaknya kita bisa memahami, bahwa hal baru tidak selalu diidentikkan dengan kesesatan. Islam bukan agama yang kaku, akan tetapi selalu fleksibel dengan perkembangan zaman dan keadaan, Seorang mukmin hendaknya bisa memanfaatkan keadaan dan membuat inovasi cemerlang untuk memajukan agamanya, jika dulu para sahabat berperang dengan kuda dan pedang maka bukan berarti kita pun harus berperang dengannya. Jika dahulu Nabi berdakwah dengan lisan dan tulisan, bukan berarti kita tak boleh menggunakan sarana komunikasi lain dalam berdakwah. Akan tetapi juga jangan ngawur dalam membuat inovasinya, semua harus dalam rel yang sesuai dengan nafas syariat, dan hal tersebut tidak mungkin kita ketahuhi kecuali dengan belajar syariat terlebih dahulu. Jangan sampai karena kebodohan kita, kita dengan sembrono menuduh bid`ah suatu kaum padahal mereka adalah para ahli ibadah.
REFERENSI
Syarah Nawawi `ala Muslim
Tuhfatul Ahwadzi
Fathul Bari (Syarah Bukhori)
Fatawa Assubki
Shohih Bukhari
Shohih Muslim
Alhawi lilfatawa Syuyuthi
Ali`tisham lissyatibi
Ihya Ulumudin
Tafsir Jalalain
Tafsir ibnu Katsir.

1 komentar:

  1. Menurut Imam Syafi’i, pemahaman bid’ah ada dua riwayat yang menjelaskannya:

    Pertama, riwayat Abu Nu’aim:

    اَلبِدْعَة ُبِدْعَتَانِ , بِدْعَة ٌمَحْمُودَةٌ وَبِدْعَةِ مَذْمُوْمَةٌ فِْمَا وَافَقَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَحْمُوْدَةٌ وَمَا خَالَفَهَا فَهُوَ مَذْمُوم
    Artinya: ‘Bid’ah itu ada dua macam, bid’ah terpuji dan bid’ah tercela. Bid’ah yang sesuai dengan sunnah, maka itulah bid’ah yang terpuji sedangkan yang menyalahi sunnah, maka dialah bid’ah yang tercela’.

    Kedua, riwayat Al-Baihaqi dalam Manakib Imam Syafi’i:

    .اَلمُحْدَثَاتُ ضَرْبَانِ, مَا اُحْدِثَ يُخَالِفُ كِتَابًا اَوْ سُنَّةً اَوْ أثَرًا اَوْ اِجْمَاعًا فَهَذِهِ بِدْعَةُ الضّلالَةُ
    وَمَا اُحْدِثَ مِنَ الْخَيْرِ لاَ يُخَالِفُ شَيْئًا ِمْن ذَالِكَ فَهَذِهِ بِدْعَةٌ غَيْر مَذْمُوْمَةٌ

    Artinya: 'Perkara-perkara baru itu ada dua macam. Pertama, perkara-perkara baru yang menyalahi Al-Qur’an, Hadits, Atsar atau Ijma’, inilah bid’ah dholalah/sesat. Kedua, adalah perkara-perkara baru yang mengandung kebaikan dan tidak bertentangan dengan salah satu dari yang disebutkan tadi, maka bid’ah yang seperti ini tidaklah tercela’.

    Dalam kitab tafsir Imam Qurtubi Juz 2 Halaman 86-87 mengatakan: "Imam Syafi’i berkata, bahwa bid’ah terbagi dua, yaitu bid’ah mahmudah (terpuji) dan bid’ah madzmumah (tercela), maka yang sejalan dengan sunnah maka ia terpuji, dan yang tidak selaras dengan sunnah adalah tercela, beliau berdalil dengan ucapan Umar bin Khattab ra mengenai shalat tarawih: 'inilah sebaik-baik bid’ah' ".

    Selanjutnya Al-Hafidh Muhammad bin Ahmad Al-Qurtubi rahimahullah berkata:

    "Menanggapi ucapan ini (ucapan Imam Syafi’i), maka kukatakan (Imam Qurtubi berkata) bahwa makna hadits Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yg berbunyi: ‘seburuk buruk permasalahan adalah hal yg baru, dan semua Bid’ah adalah dhalalah’ (wa syarrul umuuri muhdatsaatuha wa kullu bid’atin dhalaalah), yang dimaksud adalah hal-hal yang tidak sejalan dengan Alqur’an dan Sunnah Rasul shallallahu 'alaihi wasallam, atau perbuatan Sahabat radhiallahu 'anhum, sungguh telah diperjelas mengenai hal ini oleh hadits lainnya: 'Barangsiapa membuat buat hal baru yang baik dalam islam, maka baginya pahala dan pahala orang yang mengikutinya dan tak berkurang sedikit pun dari pahalanya, dan barang siapa membuat-buat hal baru yang buruk dalam islam, maka baginya dosa dan dosa orang yg mengikutinya'." (Shahih Muslim hadits no.1017), dan hadits ini merupakan inti penjelasan mengenai bid’ah yang baik (hasanah) dan bid’ah yang sesat (dholalah)”. (Tafsir Imam Qurtubi juz 2 hal. 87)

    BalasHapus