Kesesatan yg dmksd jdul diatas adlh kekeliruan2 yg bsa berdampak pd penyimpangan aqidah.Meskipun bgtu, ulama mengajarkan kt utk ttap mengakui org2 wahabi sbg
muslim&ksesatan tdk sllu identik dng kekufuran.kesesatan tersirat dari koment2 yg langsung keluar dari kalangan pengikut wahabi,diantaranya:1. Mendikte Allah, yaitu dng mmposikan skp Allah spt yg mrk ingnkn.In terbesit ktk mrk berkata,bhw org yg mlkukan tahlilan atw pringatan mauludurrosul,tlh melakukn hal yg sia2 & tdk ad pahalany,pdh pd acara tsbt org jls2 mlkukan amal shaleh berupa silahturahmi,berzikir,membaca Al Qur'an,membc shalawat,menuntut ilmu,mdngar nasehat,berbagi makanan,berdo'a,mengenang Nabi Saw.dng membca riwayat hidup bliau & memuliakan Nabi Saw.serta memupuk kecintaan thd Beliau,yg msing2 it jelas2 dprintahkan olh Allah secara lgsng & tdk langsung dan dijamin mdpt pahala.
2. Berpandangan sekuler,yaitu membagi bid'ah mjdi 2 : Bid'ah yg trlarang sbg bid'ah agama (bid'ah diiniyyah) & bid'ah yg menyankut urusan dnia (bid'ah duniawiyyah) yg wajar atw blh2 saja mnurut kbutuhan. Bknkah smua ddnia in mmiliki dmpak dan resiko diakhirat nanti ? Barti agama dan dnia tdk bs dpsahkan,dmna tdk mgkn mnjlkan agama tnpa fasilitas dnia,sbgmn tdk mgkn org akn slmt bla org mjalani hdp ddunia tnpa tntunan agama. Dlm hal ini mrk (wahabi) sdh mlakukan bid'ah yg sngt fatal (yg mlanggar fatwa mrk sndri),yaitu dng membagi dfinisi bid'ah yg tdk prnh olh Rosullullah Saw & para Sahabat Beliau.
3. Berpandangan sekuler,yaitu membagi bid'ah mjdi 2 : Bid'ah yg trlarang sbg bid'ah agama (bid'ah diiniyyah) & bid'ah yg menyankut urusan dnia (bid'ah duniawiyyah) yg wajar atw blh2 saja mnurut kbutuhan. Bknkah smua ddnia in mmiliki dmpak dan resiko diakhirat nanti ? Barti agama dan dnia tdk bs dpsahkan,dmna tdk mgkn mnjlkan agama tnpa fasilitas dnia,sbgmn tdk mgkn org akn slmt bla org mjalani hdp ddunia tnpa tntunan agama. Dlm hal ini mrk (wahabi) sdh mlakukan bid'ah yg sngt fatal (yg mlanggar fatwa mrk sndri),yaitu dng membagi dfinisi bid'ah yg tdk prnh olh Rosullullah Saw & para Sahabat Beliau.
4. Berpandangan Materialisme, yaitu dng hny mngakui manfaat zhahir yg terlihat dr sbuah perbuatan, dan mengingkari manfaat batin yg justru lbh brharga dr manfaat zhahir. Terbukti mrk lbh memilih mnbri makan atw santunan k fakir mskin atw ank yatim dlm rangkaian aksi sosial yg mrk ykini brpahala,daripd mmberi pluang rahmat,ampunan,dan hidayah dlm acara tahlilan atw peringatan maulud yg mrk ykini sia2 pdhl ddlm acara tsbt org bkn hny dbri pluang mndpt rahmat,ampunan dan hidayah,ttpi jg dbri makan! Memang, mnurut wahabi mengenyangkan perut org lapar barti mnyelamatkn ny dr jurang kekafiran. Sayangny stlah selamat dr jurang kekafiran, org it dijerumuskan k jurang ksombongan, dan ksombongan adlh jalan lain menuju kekafiran.
5. Menyalahkan dan mendiskreditkn org lain, yaitu dng menuduh amalan org lain syirik atw sesat tnpa upaya mncari tahu alasan2 mengapa amalan it dilaksanakan, sbnarny wahabi yg tdk kreatif in sdh khabisan tmpt dihati masyarakat, shingga tdk ada cra yg lbh bagus mrebutny kmbali kcuali dng mnjelek2kan atw menebar keragu2an dhati org2 yg sdh biasa mengikuti ajaran pra ulama. Maklumlah tdk ad cra yg lbh jitu bagi seorg pdagang yg culas unt melariskan daganganny slain mncela2 dagangan org lain dihadapan para pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar